Twitter Updates

    follow me on Twitter
    get rich paypal index forex Adsense Indonesia money

    TIPS MENGENDALIKAN KOLESTEROL

    Posted by bang iwan Sunday, June 13, 2010

    Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah. Ini juga dapat menimpa orang-orang yang masih muda. Berbagai kalangan umur, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darahnya tetap normal.

    Kolesterol
    Dalam tubuh terdapat lemak terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

    Tips Mengendalikan Kolesterol
    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kolesterol Anda:

    Diet
    Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

    Konsumsi makanan berserat
    Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

    Konsumsi antioksidan
    Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

    Hindari alkohol dan merokok
    Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.

    Olahraga
    Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.

    Makanan sehat, hati-hati, berbahaya atau pantang?
    Seperti disebutkan diatas, makanan merupakan hal penting yang dapat menyebabkan kolesterol. Tabel berikut dapat Anda jadikan acuan makanan apa saja yang sebaiknya Anda makan atau dapat dikurangi konsumsinya.

    Jenis Makanan Kolestrol
    (mg/10 gr) Kategori

    Jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolestrol yang rendah Putih telur ayam 0 sehat
    Teripang 0 sehat
    Susu sapi non fat 0 sehat
    Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit 50 sehat
    Ikan air tawar 55 sehat
    Daging sapi pilihan tanpa lemak 60 sehat
    Daging kelinci 65 sehat
    Daging kambing tanpa lemak 70 sehat
    Ikan ekor kuning 85 sehat

    Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sekali-kali
    Daging asap (ham / smoke beef) 98 sekali-sekali
    Iga sapi 100 sekali-sekali
    Daging sapi 105 sekali-sekali
    Burung dara 120 sekali-sekali
    Ikan bawal 120 sekali-sekali

    Jenis makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi karena kadar kolestrol yang cukup tinggi
    Daging sapi berlemak 125 hati-hati
    Gajih sapi 130 hati-hati
    Gajih kambing 130 hati-hati
    Keju 140 hati-hati
    Sosis daging 150 hati-hati
    Kepiting 150 hati-hati
    Udang 160 hati-hati
    Kerang 160 hati-hati
    Siput 160 hati-hati
    Belut 185 hati-hati

    Jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang tinggi.
    Santan 185 berbahaya
    Gajih babi 200 berbahaya
    Susu sapi 250 berbahaya
    Susu sapi cream 280 berbahaya
    Coklat 290 berbahaya
    Margarin / Mentega 300 berbahaya
    Jeroan sapi 380 berbahaya
    Kerang putih / tiram 450 berbahaya
    Jeroan kambing 610 berbahaya

    Jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang sangat tinggi.
    Cumi-cumi 1170 pantang
    Kuning telur ayam 2000 pantang
    Otak sapi 2300 pantang
    Otak babi 3100 pantang
    Telur burung puyuh 3640 pantang

    Tabel Jumlah Kolestrol pada Makanan
    Catatan: Untuk kategori berbahaya dan pantang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita masalah hipertensi atau problem jantung, karena dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan bahkan kematian.
    (source : kumpulan info) diteruskan oleh Bang Iwan.


    Related Posted :

    0 comments

    KIRIM SMS GRATIS